January 3, 2016

Wedding Prep 101: Informasi Vendor Bagian 1 (Venue, Wedding Organizer, Dekor, dan Katering)


Setelah mempunyai gambaran konsep, saya pun mulai cari info tentang vendor. Sejujurnya, saya ngga seambisius CPW dan bridezilla yang lain yang datang ke pameran-pameran wedding, dan melakukan riset serta komparasi yang mendalam. Beberapa vendor saya pilih langsung karena sudah tahu sepak terjangnya. Beberapa juga karena rekomendasi dari teman. Berikut saya share informasi vendor yang punya:  

Venue
Sebelum menentukan venue, selain mempertimbangkan kestrategisan letak, ada baiknya kita sudah tahu berapa jumlah tamu yang diundang dan dana yang kita punya. Strategis atau ngganya suatu lokasi bisa dinilai dari kemudahannya untuk dicapai, tak hanya bagi kita dan keluarga, tapi juga bagi tamu yang diundang. Waktu itu, walau rumah saya di Jatibening, saya memilih venue di Pondok Indah, karena jarak yang jauh tersebut bisa ditempuh dengan tol JORR. Selain itu, Pondok Indah cukup tengah-tengah buat teman-teman kami.

Kesesuaian luas tempat dengan jumlah tamu juga penting, karena kalau jumlah tamu sedikit tapi space terlalu besar akan membuat suasana kosong. Sebaliknya space kecil tapi jumlah tamu kebanyakan akan bikin ngga nyaman.

Waktu itu, venue yang saya kunjungi sebelumnya sudah diseleksi berdasarkan availability, lokasi, dan ukuran space. Saya menelepon dulu perwakilan marketing venue tersebut dan tanya kapan waktu tepat untuk berkunjung.

Ketika mengecek venue, saya berkeliling ruang utama, dan juga berfokus pada ruang ganti. Bagi saya, ruang ganti harus mumpuni. Lampunya harus terang (karena nanti kan kalau gelap, pas dimakeup kan susah ya), AC & sirkulasi udara baik, toiletnya bersih, ada kursi-kursi/ruang tunggu untuk keluarga, dan aksesnya mudah ke ruang utama, tapi juga bisa dikontrol terutama saat kita sedang akad/resepsi.

Di samping itu, saya juga menanyakan tentang detail sound system, aturan-aturan dari venue, charge fee jika vendor adalah non-rekanan, charge loading, biaya tambahan untuk kursi [kadang sudah termasuk sekian buah, dan kalau mau tambah lagi akan dikenai charge], serta tentang technical meeting. 

Beberapa venue yang waktu itu saya cek:

1. Griya Ardhya Garini, Halim. 
Ini berbeda dengan Puri Ardhya Garini yang di pinggir jalan Halim ya. Si Griya aksesnya harus masuk ke kompleks dulu dan spacenya lebih kecil. Per Mei 2015, untuk sewa ruangan malam hari adalah Rp 8.5 juta, dan siang hari Rp 7.5 juta. Saat ke sana, orang marketingnya Griya memberikan saya pamphlet yang lengkap merinci rekanan dekor, dokumentasi, catering, ketentuan-ketentuan, dan fasilitas. Kalau dari saya kurang sreg dengan Griya karena gedungnya kelihatan sudah lama, dan kurang dimaintain. Ruang gantinya juga buat saya agak kurang. However, temen-temen bisa coba cari info lebih lanjut ke (021) 809-7602, 801-9248, email ke griyaardhyagarini@gmail.com, atau bisa kunjungi langsung di Jl. Rajawali Raya Halim Perdanakusuma. 

2. Balai Sarwono, Jeruk Purut.  
      Balai Sarwono adalah salah satu venue yang dikelola oleh Joglo Group  selain Rumah Sarwono dan Rumah Saya. Yang enaknya dari Balai Sarwono adalah semua venue, catering dan dekor sudah masuk dalam paket sehingga kita ngga repot. Jika butuh, kita pun bisa minta band dari mereka. Dan layaknya venue lain, semua vendor dari luar dikenakan charge. Waktu saya ke sana bulan Mei 2015, saya dapet info harga paketnya sbb:
       Untuk 300 orang -- Rp 55 juta
       Untuk 400 orang -- Rp 70 juta
       Untuk 500 orang -- Rp 85 juta
       Untuk 600 orang -- Rp 95 juta
       Untuk 700 orang -- Rp 110 juta
       Untuk 800 orang -- Rp 120 juta  
       Harap diingat, untuk harga di atas belum termasuk pajak 15%. 
       
      Dari segi venue, saya suka. Tapi ternyata ibu saya ngga terlalu sreg karena ragu dengan kateringnya. Selain itu ayah saya pun agak keberatan karena parkirannya hanya ada valet saja  (walau sebenarnya jasa valetnya sudah termasuk jika kita ambil paket di sana). 
      
      Anyway, kalau mau tahu lebih lanjut bisa hubungi orang marketingnya: Lilies Ernalia, telp (021) 782-3771, HP 0811-877-4805, 0815-180-0836, email liliese@yahoo.com 
      
      3. Masjid Raya Pondok Indah, Pondok Indah.  
     Venue inilah yang akhirnya dipilih untuk acara akad dan resepsi saya. Selain lokasi, kesesuaian dengan budget, dan besarnya space, saya dan calon suami prefer di Masjid PI karena kami merasa akad akan lebih sakral jika dilakukan di masjid. Saat mengunjungi venue, orang marketing Masjid PI sudah siap dengan booklet yang berisi detail informasi atas hal-hal yang ingin saya tanyakan dari mulai harga sewa, daftar catering, dokumentasi, dekor yang rekanan, charge non-rekanan, charge loading pagi/malam, dst. 

     Jangan lupa juga untuk tanyakan charge jika dekor dari luar dan charge jika pakai panggung untuk pelaminan berapa ya, soalnya kedua hal tsb tidak ada di booklet. Pada waktu itu, charge untuk akad dan resepsi jika di Sabtu/Minggu siang adalah Rp 9.8 juta, sedangkan Sabtu/Minggu malam adalah Rp 9.950 juta. Harga ini termasuk sewa venue masjid untuk akad, aula untuk resepsi, dan ruang ganti. Bisa juga jika hanya mau sewa aula untuk resepsi saja, atau masjid untuk akad saja.

Overall, saya puas banget dengan Masjid PI. Pengelolanya professional banget, kelihatan mereka sudah biasa handle acara, jadi semua serba jelas, dan orang-orangnya pun cakcek. Dari mulai reservasi venue, sampai technical meeting semuanya clear. Saat technical meeting pun mereka menginfokan perwakilan dari Masjid PI yang akan bertanggung jawab pas d-day. Hal lain yang plus dari Masjid PI menurut saya adalah ruang gantinya yang luas dan nyaman. Ada sofa-sofa untuk keluarga duduk pula jadi bisa sambil istirahat ketika menunggu giliran ganti baju/make up.  Informasi lebih lanjut bisa hubungi Masjid Pondok Indah, Jl. Sultan Iskandar Muda No. 1, telp (021) 765-2974, atau email  rsgmrpi@yahoo.com.  

Wedding Organizer & Decorator
Saya adalah orang yang ngga mau ribet. Oleh karena itu sejak awal merencanakan pernikahan, saya dan calon suami sepakat untuk menggunakan jasa wedding organizer. Kami sendiri sudah fix dengan konsepnya dan vendor-vendor sudah kami tentukan sehingga yang kami butuhkan adalah pihak yang dapat membantu mengatur segala tetek bengek. Kebetulan teman kami ada yang menjalankan unit usaha WO merangkap dekorasi, dan karena sudah tahu baik sepak terjang maupun tastenya, maka untuk kedua vendor ini saya pilih tanpa komparasi ke yang lain. Vendor yang saya pakai adalah Nareswari.

Jasa Nareswari mencakup dari mulai perencanaan konsep, perancangan rundown, pendampingan saat rapat keluarga, technical meeting, supervisi vendor, jasa MC (mereka punya MC langganan), dan pengaturan pelaksanaan saat d-day. Waktu itu karena konsep dan vendor sudah beres, maka saya meminta Nareswari membantu untuk rundown, meeting-meeting, dan d-day organizing. Oh ya, saya juga menyewa jasa MC dari Nareswari agar lebih mudah. 

Saya mulai meeting dengan Nareswari di H-4 bulan acara. Di situ saya infokan tema serta konsep, dan list vendor yang saya punya, serta gambaran saya untuk dekorasi. Komunikasi pun cukup intens, karena dari pihak Nareswari berinisiatif bikin Whatsapp group.

Selain itu beruntung karena sudah ada run down yang dibuat oleh Nareswari, meeting keluarga pun jadi lebih mudah. Saat technical meeting, adanya pihak Nareswari sangat ngebantu.

Sewaktu d-day total ada 5 orang personel Nareswari yang standby, dan make sure semua berjalan sesuai dengan rundown. Secara keseluruhan, saya sangat puas dengan Nareswari. Mereka punya inisiatif, cakcek alias tanggap, selalu open untuk diskusi, dan punya solusi jika ada sesuatu. Saya senang karena Nareswari juga ngingetin untuk hal-hal yang ngga terpikir oleh saya, misalnya siapa nanti yang akan jadi penanggung jawab kotak angpao, ronce bunga siapa yang akan sediakan, kunci untuk ruang makeup/ganti nanti siapa yang pegang, dll.

Dari segi dekorasi, say juga sangat puas. Senang karena mereka bisa mengeksekusi tema yang simple jadi menawan. Bunga-bunganya mostly bunga hidup, jadi cantik banget warna-warnanya. 

Informasi lebih lanjut tentang Nareswari, hubungi Yoga, email di nareswari.wp@gmail.com atau cek Instagram-nya Nareswari di sini.

Pelaminan hasil dekorasi Nareswari 
Contoh dekorasinya Nareswari
Katering
Berhubung pada waktu itu saya bekerja di luar Jawa, dan calon suami di Bandung, maka urusan catering saya serahkan sepenuhnya ke ibu dan kakak saya. Dari daftar catering rekanan Masjid PI saya memilih 4 vendor untuk ditindaklanjuti, mereka adalah: Sawargi Catering, Caterindo, Puspa Catering, dan Ibu Djoko. 

Dari informasi yang saya dapat, kecuali Sawargi, ketiganya responsif ketika dimintakan penawaran dan appointment untuk tes makanan. Selama beberapa minggu, ibu dan kakak saya wara-wiri antar pesta resepsi orang serta kantor Puspa dan Caterindo. 

Setelah nyoba-nyobain makanan, top two saat itu jatuh ke Puspa dan Caterindo. Dari segi harga, keduanya memang lebih mahal, tapi rata-rata makanannya rasanya ‘bener’. Ntah karena apa, pada akhirnya ibu dan kakak saya sepakat memilih Caterindo. 

Layaknya ibu-ibu lainnya, ibu saya adalah tipe yang mengutamakan makanan dalam sebuah resepsi. Baginya, makanan harus enak karena itulah harga diri saat menjamu orang. Ditambah lagi, resepsi saya adalah siang hari sehingga ada kecenderungan orang [makannya] lebih beringas.

Selain harus enak, makanan juga tidak boleh kurang. Untuk jumlah undangan 250 (tamu 500 orang), ibu saya memesan buffet sejumlah 550 pax, dan 5 gubuk, masing-masing 200 pax, kecuali dessert 250 pax. Kami deal dengan Caterindo di bulan Mei, dan harga buffet/pax yang diberikan ke kami adalah Rp 75 ribu. Di luar itu, kami dapat bonus soto ambengan 100 pax dan kopi, teh, air putih untuk konsumsi setelah akad nikah.

Dan Alhamdulillah, nama besar Caterindo memang jaminan mutu. Rasa makanannya top markotop! Banyak tamu yang bilang ke kami kalau makanannya enak! Dendeng baladonya tuh paling enak sedunia! Selain itu, dekor buffet dan dekor dari Nareswari saling complement each other. Asli ngga nyesel pilih Caterindo.

Buffet table dan dekor meja dari Caterindo
Info lebih lanjut bisa kunjungi kantor Caterindo di Jl. Mampang Prapatan XIV/29C/20, Jaksel, telp (021) 723-4138, 723-4139, atau email: caterindo@yahoo.com

Up on the next post, daftar vendor-vendor lainnya seperti penjahit, dokumentasi, dan make up.

Stay tune :)

13 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga sewa venue Masjid Pd. Indah sudah tertera di blog saya, sementara untuk harga Nareswari WO, lebih baik kontak langsung saja, karena harga beda2 sesuai dengan konsepnya seperti apa. Kontaknya Nareswari WO juga sudah ada di isi blog.

      Delete
  3. Hallo
    mba enggar, salam kenal :)
    aku bc blognya kok pas bgt sm aku ma ngadain disana jg n tertarik pk caterindo hehe, nah mba mau tanya klo utk dekornya kn ga pk bawaan dr caterindo ya, apakah boleh n harganya dikurangi gt ya? apa kena tetap, coz ku liat email yg dikirim sm catering rata2 udh sepaket sm dekor n rias, soalnya aku jg minat pk dekor lain, bkn bawaan catering :)
    thanks b4 mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu aku kemarin, boleh kok sm Caterindo kalau dekor keseluruhannya dari pihak lain. Tapi memang biasanya untuk dekor meja2 makanan tuh dari kateringnya. Tinggal diinfo aja ke katering tone color dekor keseluruhan kamu apa, jadi bisa dibuat senada dengan dekor meja.

      Delete
  4. Wah mahal juga utk caterindo. Tp memang ada harga, ada kualitas. Saya akhirnya milih rekanan penicatering. Rasa lumayan. Berhubung budget saya tidak terlalu banyak. Respon sih baik dari wo nya. Lumayan bisa nego2.

    ReplyDelete
  5. Hallo calon penganti, masih bingung cari venue untuk hari special kalian ? Coba intip Graha Elnusa yang sudah memperbaiki gedung menjadi mewah dengan tambahan full karpet + lampu gantung yang amat sangat cantik ..
    His Graha Elnusa All in Package jadi kalian tggl siapkan souvenir + undangan saja yang laiinya sudah di cover oleh kita .
    Aku selaku wedding consultant kalian siap melayani kalian 24 jam jika kalian butuh bantuan dan saran mengenai keperluan di hari special kalian ..
    foto ? kalian bisa langsung follow @his_grahaelnusa untuk update info terbaru dan foto gedung kita yang baru atau hubungi 087881656581 dengan anggun

    ReplyDelete
  6. Dear Admin,.. Permisi Numpang Iklan Sedikit :* =======

    salam kenal:)

    Saya Sisca dari Aorora Catering & Wedding Service, rekanan dari Rumah Sarwono Pasar MInggu , Apabila ada teman teman yang berminat mengadakan resepsi di Rumah Sarwono ini boleh menghubungi saya di 0857-8052-4222 , insayallah saya bisa membantu teman teman dalam pencarian paket wedding dengan harga sesuai budget.... ditunggu yaaaa chating nya,.. :)

    Salam,

    Sisca - Aorora Catering & Wedding Service

    IG : sisca_marketing_aororacatering, aororacatering_official
    Web : www.aororacatering.co.id
    Facebook : Aorora catering & wedding service

    ReplyDelete
  7. dear capeng yang mau menikah tp bingung cari gedung HIS GRAHA ELNUSA hadir utk anda, dg ALL in package , NO RIBET, semua kita yg urus..kalian tinggal duduk manis, package include
    -GEDUNG
    -CATERING
    -DEKORASI
    -RIAS & BUSANA
    -PHOTO&VIDEO
    -PROMO CASHBACK!!
    -etc..

    luxury place with affordable price
    hub. marketing his 081319797403 (VISKA)

    ReplyDelete
  8. Make your dreams wedding come true at HIS PATRA JASA (New Concept) . Get “Cashback up to 40jt NOW!!! dengan hanya booking fee 5jt kamu udah bisa buat lock tanggal, harga dan promonya lohh! Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! Jadi capeng gak usah ribet untuk urusin semuanya sendiri. For more detail info: 081218066818 Visca

    ReplyDelete
  9. HIS CORP present,
    Wedding Package at Patra Jasa Office Tower
    PATRA JASA YUDISTIRA BALLROOM (New Concept)
    (Jl. Jend. Gatot Subroto Kav 32-34 Jakarta Selatan):

    - Fasilitas Gedung kapasitas 1500 orang (Full AC & Full karpet),
    - Free Parking gedung 10 slot
    - Dekorasi,
    - Catering 800 pax,
    - Rias & Busana, hingga 22 orang
    - Entertainment,
    - Photography,
    - Tim WO 8 orang + MC
    - 1 orang Wedding Consultant
    - Mobil Pengantin Alphard
    - Homeland Residence Patraland 3 kamar, 2 lantai, dan private pool 2D1N


    FREE HONEYMOON 4D3N at Maldives + Flight / Logam Mulia 10gr (tanpa diundi) & masih banyak lagi

    Get That All Special Package with booking fee Rp 10 juta to save your date and prices.


    HIS Wedding Patra Jasa : 081808851721 (Wishnu)

    ReplyDelete
  10. Paket Pernikahan di HIS K-LINK TOWER
    PAKET SUDAH TERMASUK:
    1. Venue FULL CARPET di K-LINK TOWER BALLROOM
    2. Catering
    3. Dekorasi All Area
    4. Paket Make Up & Busana
    5. Dokumentasi
    6. Music Entertainment
    7. MC Hits Jakarta
    8. Wedding Organizer (WO)
    9. Wedding Car
    10. Wedding Consultant
    BONUS PROMO:
    Honeymoon Japan 5D4N + Voucer Flight & Masih banyak lagi
    silahkan menghubungi 081290005219 / Farika

    ReplyDelete
  11. Sudah punya rencana nikah tapi masih bingung cari wedding organizer yang tepat? Kami dari HIS K-LINK TOWER GRAND BALLROOM kami sudah menyediakan all in package jadi anda tidak perlu repot cari vendor lain karena semua sudah kami yang handle.
    All in package include:
    - Gedung (FULL AC & FULL KARPET)
    - Catering
    - Dekorasi
    - Rias & Busana
    - Bridal
    - Entertainment
    - Photography
    - Wedding Organizer
    - Bonus (MC, WEDDING CAR, HONEYMOON KE JEPANG, LOGAM MULIA)

    For more info and detail:
    Marketing & wedding consultant
    Mira 083899440355 (WA)

    ReplyDelete